Sabtu, 14 April 2012

Curhat kepada Allah waktu Haji


Syahrul Gunawan, Foto/Panca
Syahrul Gunawan, Foto/Panca
Syahrul Gunawan Curhat Kepada Allah Sewaktu Haji Umrah | Info Haji Umrah terkini |
Banyak alasan mengapa seseorang berangkat menunaikan ibadah haji. Bagi bintang sinetron remaja dan juga penyanyi Syahrul Gunawan, pergi ke Tanah Suci karena terdorong oleh semangatnya yang sangat kuat untuk curhat, atau mengadu kepada sang Khaliq.
”Saya merasa tenang, saya ‘curhat’ sama Allah soal apa saja yang saya rasakan,” ujar Syahrul Gunawan kepada Republika Sabtu (27/12).Pemeran utama sinetron remaja ‘Pernikahan Dini’ ini mengaku pertama kali pergi ke Tanah Suci pada usia 25 tahun, atau tepatnya akhir tahun 2000. Ketika itu Syahrul didera oleh rasa gelisah dan bingung. ”Saat usia saya menjelang 25 tahun, saya seperti orang bingung,”tutur sarjana FakultasManajemen Keuangan Universitas Pakuan Bogor ini.
Bahkan kata penyanyi yang baru saja meluncurkan album ‘Bukan Dirimu yang Salah’ ini, ketika itu benar-benar seperti orang linglung. Kadang-kadang menangis tanpa sebab, dan merasa butuh sesuatu. Dalam keadaan seperti itulah tiba-tiba Syahrul teringat soal pergi haji.”Jadi ketidak jelasan kondisi kejiwaan sayalah yang mendorong untuk pergi haji,”katanya menambahkan.
Mengapa sampai dirinya linglung di usia 25 tahun itu? Dengan polosnya anak kedua dari lima bersaudara pasangan H Moh Somantri dan Ny Hj Hasanah menyatakan tidak tahu. Dia hanya merasa kosong begitu saja.” Soal kegalauan itu sudah pernah saya ceriterakan pada ayah. Semula tidak ada niatan untuk pergi haji, tetapi setelah mendapat nasehat dari ayah, saya njadi kepingin pergi ke Tanah Suci,”tuturnya.
Selama berada di Tanah Suci, Alul, begitu panggilan akrab Syahrul Gunawan mengaku tidak menemui peristiwa aneh. Hanya saja, terasa ada semacam ‘pertemuan’ antara dirinya dengan sang Khaliq. Melalui berbagai macam kejadian yang dilihatnya, Syahrul merasa menjadi lebih dekat dengan Allah. Bahkan ia merasa menjadi sangat kecil. Keadaan tersebut menyadarkan Syahrul bahwa atribut-atribut yang disandangnya saat ini tidak bakal dipakai selama-lamanya.
”Selama di Tanah Suci saya merasa begitu tenang. Dari sinilah banyak hikmah yang saya dapat. Setelah haji pertama itu, saya sering bertemu dengan komunitas yang menambah keimanan saya. Saya menjadi lebih tenang dalam menghadapi persoalan hidup,”tuturnya.
Syahrulpun berharap, hidup menjadi lebih berkah. Namun bukan berarti lalu diam seribu bahasa. Hampir setiapkali ada kesempatan ia selalu berdoa bagaimana seharusnya menghadapi hidup ini. Ia juga senantiasa bertanya-tanya mau jadi ada dirinya sepuluh tahun mendatang?. Syahrul juga menyatakan keinginannya untuk sekolah lagi dan ingin meniti karier diluar dunia artis.
Kepergian Syahrul ke Tanah Suci ternyata juga membawa hikmah bagi keartisannya, yakni mendapat peran utama sebagai Jaka dalam sinetron bertajuk ‘Jalan Lain Ke Sana’ yang ditayangkan sebuah satasiun televisi selama bulan suci Ramadhan. Namun demikian, hikmah terbesar yang didapatkan sepulang dari Tanah Suci adalah ketenangan jiwa.
”Sekarang ini saya nggak ngoyo lagilah. Dan segala kejadian yang saya alami selalu bisa diambil hikmahnya. Saya jadi tidak ambisius serta lebih tenang menghadapi hidup,”tutur Syahrul Gunawan menambahkan. 
Sumber: Jurnalhaji.com

0 komentar:

Posting Komentar